Searching

Wednesday, March 21, 2012

Softskill dan Hardskill


Ø  Apa Yang Dimaksud Dengan Softskill ?
Softskills adalah ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (termasuk dengan dirinya sendiri). Atribut softskills, meliputi nilai yang dianut, motivasi, perilaku, kebiasaan, karakter dan sikap. Atribut softskills ini dimiliki oleh setiap orang dengan kadar yang berbeda-beda pada setiap orangnya, dipengaruhi oleh kebiasaan berpikir, berkata, bertindak dan bersikap. Tetapi, atribut ini bisa berubah apabila orang yang bersangkutan memiliki kemauan untuk merubah, caranya hanyalah berlatih membiasakan diri dengan hal-hal yang baru. 
Aribowo, seorang penulis buku-buku serial manajemen diri, membagi soft skills atau people skills menjadi dua bagian, yaitu intrapersonal skills dan interpersonal skills. Intrapersonal skills adalah keterampilan seseorang dalam ”mengatur” diri sendiri. Intrapersonal skills sebaiknya dibenahi terlebih dahulu sebelum seseorang mulai berhubungan dengan orang lain. Sementara itu, Interpersonal skills adalah keterampilan seseorang yang diperlukan dalam hubungannya dengan orang lain.

Ø  Apa Perbedaan Hardskill dan Softskill ?

Dari beberapa sumber yang saya dapat, saya menyimpulkan bahwa hardskill adalah kemampuan seseorang yang menekankan pada IQ, yaitu kemampuan seseorang dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kemampuan teknis lainnya yang berhubungan dengan bidang ilmunya.
Sedangkan softskill adalah kemampuan atau keterampilan seseorang yang menyangkut kehidupan sosialnya yang lebih menekankan pada EQ (Emotional Intelligence Quotient)
seseorang dibandingkan IQ nya.
Sehingga dapat ditemukan perbedaan antara hardskill dengan softskill. Hardskill berupa kemampuan seseorang yang sifatnya visible, sehingga orang lain dapat dengan segera melihat apakah orang tersebut memiliki kemampuan dibidangnya atau tidak saat diuji untuk melakukan sesuatu dibidangnya masing-masing. Sedangkan Softskill bersifat invisible sehingga orang lain tidak dapat langsung melihat dengan segera softskill seseorang, seperti kemampuan seseorang dalam beradaptasi atau kemampuan seseorang dalam memimpin.
Lalu ,antara softskill dan hardskill mana yang lebih baik dari keduanya? Jawabannya, Softskill dan Hardskill adalah dua keterampilan yang harus saling mendukung. Keduanya harus berjalan dan tumbuh secara seimbang. Karena lulusan yang baik adalah lulusan yang memiliki keseimbangan antara softskill dan hardskill.

Ø  Keterkaitan  softskill dan hardskill terhadap dunia kerja dan kuliah ?
Keseimbangan dari pertumbuhan hardskill dan softskill akan membuat kita mengalami sukses lebih cepat dan lebih jauh dari kesuksesan yang hanya ditunjang oleh salah satu faktor tersebut. Perpaduan antara hardskill dan softskill sangat diperlukan untuk meraih jenjang karir yang tinggi atau memperluas bisnis di masa depan. Banyak lulusan dari perguruan tinggi baik itu negeri dan swasta yang tidak siap menghadapi dunia nyata atau dunia kerja. Persaingan yang ketat kita di tuntut untuk memiliki kempuan yang lebih bukan hanya kemampuan Hardskill (nilai IPK yang tinggi) tetapi kita di tuntut untuk memiliki  softskill sebuah kompetensi seorang lulusan.   Kompetentsi lulusan yang di harus dimiliki didalam menghadapi persaingan di dunia nyata antara lain:  komunikasi tertulis, bekerja dalam tim, teknologi, berpikir logis, berkomunikasi lisan, bekerja mandiri, ilmu pengetahuan dan berpikir analitis. 
Bukan hanya di lingkungan akademis kita di tuntut untuk mengembangkan sofkill kita, sebelum nantinya kita siap untuk memasuki dunia nyata tapi pengasahahan sofkill juga di dalam agama kita di suruh untuk mengasahnya keterampilan menjadi seorang yang profesional dan ahli di bidang yang digeluti. Sukses meraih cita-cita dan karir di masa depan tidak hanya ditentukan oleh hardskill, seperti tingginya nilai indeks prestasi (IP), penguasaan teori serta terampil dalam mengoperasikan peralatan laboratorium dan perangkat berteknologi tinggi. Istilah softskill memang tergolong baru terdengar, tetapi softskill merupakan kemampuan-kemampuan dasar yang perlu ditumbuhkan dalam diri kita, agar kita dapat memotivasi diri dan orang lain.

Ø  Softskill apa saja yang dibutuhkan oleh suatu perubahan ?
·       Bisa beradaptasi dengan lingkungan
·       Dapat mengelola sumber daya
·       Mempunyai jiwa kepemimpinan
·       Pribadi yang bisa bertanggung jawab   
·       Memiliki kreasi dan berinovasi
·       Pandai membangun relasi dan berkomunikasi dengan orang lain
·       Memotivasi diri dan orang lain supaya mengarah ke kehidupan yang lebih baik

No comments:

Post a Comment