Microsoft
Excel menyediakan fitur Makro Record yang digunakan oleh user untuk merekam
aktivitas yang dilakukan dan merubahnya menjadi baris-baris program.
Kerjakan Makro
Record pada sheet kosong.
Buka menu
Developer, apabila belum terdapat pada menu Developer pada toolbar maka klik pada Office Button, klik kanan Customize
Quick Access Toolbar, kemudian pilih Populer,
beri check list pada kotak show
developer lalu tekan OK.
Langkah-langkah
untuk Merekam Macro:
1. Buka menu Toolbar -> Developer -> Record Macro. Lalu akan muncul jendela Record Macro.
1. Buka menu Toolbar -> Developer -> Record Macro. Lalu akan muncul jendela Record Macro.
Pada isian Shortcut key kita dapat
mengisi misalnya "a" (tanpa tanda kutip). Maksudnya shortcut
untuk menjalankan Macro1 nantinya adalah CTRL + a. Lalu Tekan OK.
2. Pada
worksheet, isilah data-data. Seperti pada contoh gambar dibawah.
Misalnya dengan menggunakan formula:
·
mencari Jumlah dengan rumus : =
SUM (D2:D11)
·
mencari Rata-rata dengan rumus : =
AVERAGE (D2:D11)
·
mencari Jumlah yang paling minimum dengan rumus : =
MIN (D2:D11)
·
mencari Jumlah yang paling maximum dengan rumus : = MAX (D2:D11)
3. Apabila telah
selesai membuat seperti pada gambar diatas, Buka menu Toolbar-> Developer
-> Stop Recording.
4. Sekarang hapus data yang telah ditulis tadi,
lalu tekan tombol shortcut yang tadi
kita gunakan saat merekam, misalnya tadi kita memasukan shortcut key dengan
huruf “a” maka kita gunakan Ctrl + a. Maka data yang tadi kita
telah isi kemudian kita hapus lagi akan muncul kembali.
No comments:
Post a Comment