Searching

Wednesday, March 21, 2012

Record Macro pada MS. Excel


           Microsoft Excel menyediakan fitur Makro Record yang digunakan oleh user untuk merekam aktivitas yang dilakukan dan merubahnya menjadi baris-baris program.
Kerjakan Makro Record pada sheet kosong. 

           Buka menu Developer, apabila belum terdapat pada menu Developer pada toolbar maka klik pada Office Button, klik kanan Customize Quick Access Toolbar, kemudian pilih Populer, beri check list pada kotak show developer lalu tekan OK.


 Langkah-langkah untuk Merekam Macro:
1. Buka menu Toolbar -> Developer -> Record Macro. Lalu akan muncul jendela Record Macro.



                                               
      Pada isian Shortcut key kita dapat mengisi misalnya "a" (tanpa tanda kutip). Maksudnya shortcut untuk menjalankan Macro1 nantinya adalah CTRL + a. Lalu Tekan OK.

2. Pada worksheet, isilah data-data. Seperti pada contoh gambar dibawah.
     Misalnya dengan menggunakan formula:
·        mencari Jumlah dengan rumus                                                  :  = SUM (D2:D11)
·        mencari Rata-rata dengan rumus                                             :  = AVERAGE (D2:D11)
·        mencari Jumlah yang paling minimum dengan rumus          :   = MIN (D2:D11)
·        mencari Jumlah yang paling maximum dengan rumus         :   = MAX (D2:D11)
                                  

3. Apabila telah selesai membuat seperti pada gambar diatas, Buka menu Toolbar-> Developer -> Stop Recording.
                                               

 
4.  Sekarang hapus data yang telah ditulis tadi, lalu tekan tombol shortcut yang tadi kita gunakan saat merekam, misalnya tadi kita memasukan shortcut key dengan huruf “a” maka kita gunakan Ctrl + a. Maka data yang tadi kita telah isi kemudian kita hapus lagi akan muncul kembali.


No comments:

Post a Comment